Cara Membackup Ubuntu dengan Remastersys

cara membackup ubuntu dengan remastersys

Cara membackup ubuntu dengan remastersys

Baik kali ini belajar ubuntu pemula akan membagi kan tips dan trik tentang bagaimanan cara membackup ubuntu dengan remasterys ? Sebelum kita bicara tentang hal tersebut pastikan terlebih dahulu anda sudah mengerti apa fungsi dari membackup ubuntu tersebut, jika anda belum mengetahuinya ,..... Lanjutkan membaca -->> maka saya akan bocorkan kenapa seorang ubuntuers / ubuntu user / pengguna ubuntu (Bahasa kerennya : ) ) harus membackup ubuntu mereka ? 

Jika menurut saya sih karena : 

Alasan kenapa saya membackup ubuntu saya


1. Buat jaga-jaga sob kalo nantinya ubuntu saya eror maka saya tidak harus menginstall ulang dari nol ubuntu saya lalu melakukan instalasi satu per satu aplikasi yang saya butuhkan di ubuntu. Contoh : di ubuntu yang saya gunakan sekarang sudah terupdate dengan apikasi update manager dan jika tidak salah saat update terakhir kali itu habisnya sekitar 600 atau 700 an mega saya lupa, pokoknya sekitar angka tersebut. Saya sudah mengupdatenya dengan penuh perjuangan dan dengan penuh penantinya ( Dramatis ) dan tentunya uji kesabaran. Lalu setelah bebearapa lama mengupdate tersebut ubuntu saya eror sahabat. Lalu apakah saya harus menginstall ubuntu saya dari nol ? Dan saya harus mengupdate ulang ubuntu saya yang update perdananya sebesar file tersebut ? Tentu saya akan benar-benar sangat kecewa jika hal tersebut terjadi. Maka solusinya dalah dengan membackup ubuntu saya. Jadi saat membackup tersebut file-file yang sudah terinstall dan sudah terupdate akan ikut terbackup sob.. Jadi pada point pertama ini intinya funsi dari backup ubuntu adalah agar Saya tidak kecewa berat dengan jika nantinya ubuntu saya eror lalu saya harus menginstall ulang ubuntu dari nol dan mengupdate ubuntu saya yang pastinya memakan banyak kuota saya kan itung-itung dari pada buat update berkali-kali mendingan kan buat yang lain kan sob ?
2. Hemat Kuota, kita semua tahu bukan jika provider atau penyedia layanan internet di Indonesia ini memberikan batasan dalam penggunaan internet. Seperti kasus diatas, kita dapat menghemat kuota sampai 600 - 700 an bukan ? Apakah hal tersebut bukan disebut membackup ?
3. Hemat Waktu. Baik untuk point ketiga ini kita ambil contoh seperti pada contoh diatas yang sudah saya jelaskan tadi. Baik untuk lebih memahaami point ketuga ini mari kita berhitung. Berapa lama install os ubuntu yang masih fresh tentunya ? Lalu ditamah menginstall aplikasi ubuntu satu per satu di terminal ataupun ubuntu software center ? Belm lagi jika nantinya kuota habis kita harus bolak balik untuk beli pulsa internet. Belum lagi jika koneksi internetnya lelet. Jiak kasus tersebut terjadi sudah berapa lama kita menghabisakan banyak waktu.

Oleh karena itu kita harus membackup ubuntu kita sob, supaya kasus kasus seperti diatas tadi tidak terjadi pada kita ( Walaupun admin sudah beberapa kali mengalamai hal-hal yang dicontoh kan diatas ). Baik setelah kita mengetahui apa fungsi dari membackup ubuntu, lantas bagaimana cara membackup ubuntu ? Disini admin mengguankan software gratis tapi kualiatas bukan gratisan beranama “Remastersys”. Aplikasi ini dapat membackup ubuntu kita dengan format iso. Dan natinya format iso tersebut itulah yangn jikalau hal-hal seperti diatas terjadi kita tinggal install saja iso yang sudah menjadi backup an ubuntu.
Baik untuk mengikuti langkah-langkah nya mari kita lihat cara tersebut.

Instalasi Remastersys

Untuk instalasi remastersys dapat dilakukan melalu terminal dengan mengetikan perintah berikut satu per satu : 

sudo apt-get install remastersys

sudo apt-get install remastersys-gui
Jika anda ingin menginstall aplikasi ini secara offline silahkan download di link b
erikut 

Disini


Untuk yang belum mengerti bagaimana cara instlasi nya bisa mengikuti langkah-langkah berikut di link berikut ini (coming soon).

Setelah selesai menginstall aplikasi tersebut lantas apa yang kita akan lakukan ? Tentu kita akan membackup ubuntu dengan aplikasi ini.

Cara Membackup Ubuntu dengan Remastersys :


1. Buka terlebih dahulu aplikasi Remastersys

buka aplikasi remastersys


2. Setelah terbuka maka anda akan dimintai password. Isikan dengan password anda.
3. Lanjut ke langkah ketiga ini anda akan melihat berbagai opsi dalam membackup ubuntu anda.
4. Baik saya sekarang akan menjelaskan mengenai beberapa pilihan tersebut. Mulai dari pilihan awal : 
4.1 Backup : Fungsi disini adalah membackup ubuntu sampai ke file-file yang ada di folder home, jadi seperti yang ada di folder seperti Dokumen, Unduhan, dan lain sebagainya.
4.2 Distribution : Kebalikan dari fungsi backup namun masih berfungsi membackup tapi.. Folde-folder yang ada di home tidak akan ikut terbackup
5. Disini anda terserah memilih pilihan yang mana, diantara 2 pilihan tersebut. Setelah anda memilih dari 2 pilhan diatas maka proses backup pun berlangsung seperti gambar berikut.


Proses membackup dengan remastersys

6. Jika sudah selesai maka akan ada muncul pesan bahwasanya backup telah selesai.

Bakup selesai

Lalu dimanakah Hasil backup tadi berada ? 


Ok, pertanyaan ini adalah pertanyaan yang cukup penting karena saat pertama kali saya membackup ubuntu saya saya juga belum mengerti dimana letak hasil backup ubuntu saya. 

Namun akhirnya saya menemukan dimana letak iso dari backup ubuntu tersebut. Letak hasil backup ubuntu tersebut berada di /home/remastersys. Coba anda buka sesuai direktori yang telah saya sebutkan tersebut maka anda akan menemukan file iso hasil backup panjenengan.

Bagaimana Cara Mencopy file Iso hasil backup an ubuntu ?


Untuk mengcopy file iso hasil backup an pun cukup mudah caranya. 

Baik ikuti langkah-langkah berikut ini : 

1. Buka terminal anda, lalu ketikan perintah 
Sudo Nautilus

Lalu enter

Sudo Nautilus

2. Maka akan muncul pop up file manager. Lalu anda ke direktori tempat di mana file backup berada, yaitu di /home/remasys. Lalu copy file iso tersebut ke direktori yang diinginkan.

3. Selesai...

Bagaimana cara menghapus file iso hasil backup an ubuntu ?


Untuk menghapus file-file yang berada di /home/remastersys hasil backup ubuntu kita akan menggunakan salah satu fitur yang dimiliki oleh remastersys yaitu “Clear Working Folder”.

Langkah-Langkahnya : 

1. Buka remastersy. Jika diminta password isikan dengan password anda.
2. Lalu pilih opsi “Clear Working Folder”.
3. Selesai maka file iso yang tadi berada di /home/remastersys/ pun sudah hilang Mudah Bukan ? 

Baik sekian dari belajar ubuntu pemula diharapkan dengan adanya tutorial ini pengguna ubuntu akan lebih mudah dalam mengguanakan ubuntu.
Previous
Next Post »