Cara Mudah Konfigurasi Modem di Ubuntu 12.04

Cara Konfigurasi Modem di Ubuntu 12.04


Modem Huawei

Baik kali ini belajar ubuntu pemula akan sharing cara konfigurasi modem di ubuntu 12.04. Sebenarnya cara mengkonfigurasikannya pun cukup mudah, disini saya menggunakan modem Huwawei E 173 dan menggunakan Netbook Asus Eeepc 1025ce.

Untuk lebih lanjutnya silahkan anda ikut langkah-langkah berikut :

Langkah - Langkah Konfigurasi Modem : 




1. Pertama colokan modem pada port usb anda.

2.  Setelah anda mencolokan modem ke port usb coba klik gambar sinyal seperti gambar berikut :

konfigurasi modem huawei di ubuntu
 Maka akan terlihat tulisan "New Mobile Broadband (GSM)....". Setelah itu klik tulisan "New Mobile Broadband..." tersebut.

3. Setelah anda klik maka akan muncul jendela seperti gambar berikut yang bertuliskan "New Mobile Broadband Connection": 

Konfigurasi Modem

 Klik Continue

4.  Setelah itu, Anda diminta untuk memilih negara Anda Anda. Disini kita memilih negara Indonesia.

Langkah Memilih negara pada konfigurasi modem ubuntu

5. Lanjut ketahap berikutnya. setelah kita diminta untuk memilih negara kita lalu pada tahap ini kita diminta untuk memilih provider internet yang tertanam pad modem. Disini saya menggunakan provider XL maka saya memilih "Excelcominda ( XL )" yang berarti XL. Setelah itu klik Continue.

Memilih Provider pada konfigurasi modem di ubuntu

6. Setalah itu kita diminta untuk mensetting APN yang nantinya akan digunakan untuk berinternet. Disini anda dapat langsung lanjut dengan dengan klik "Continue" atau anda ingin mengubah ke APN 
yang lain.
setting APN
Untuk mengubah APN yang lain kita Bisa mengklik tombol segitiga kecil yang ada pada samping kanan jauh pada tulisan Default. Jika anda mengklik tombol ini maka akan muncul seperti gambar berikut :


setting APN



Pilih tulisan "My Plan is not listed".

Setelah itu maka kolom yang tadinya tidak dapat diisi dengan APN, maka sekarang dapat diisi dengan APN yang kita inginkan


setting APN
Disini saya menggunakan APN "internet" untuk kartu XL yang tertanam di modem Huawei. Setelah selesai anda mengisi kolom tersebut dengan APN, maka klik tombol "Continue".

7. Kita telah selesai mensetting Modem kita pada ubuntu 12.04. Langkah terakhir adalah mengklik tombol "Apply" di pojok kanan bawah tersebut.

8. Dan langkah terakhri yang harus kita lakukan adalah menkonekan modem kita ke Internet dengan cara mengklik tombol sinyal diatas tersebut dan klik konfigurasi yang telah kita buat.

cara untuk menyambungkan ke internet

setelah anda klik tombol tersebut maka akan ada pemberitahuan di pojok kanan atas bahwa kita telah terkoneksi dengan internet.

Tanda telah tersambung dengan konteksi internet
untuk mendiskoneksikan sambungan internet cukup klik tombol gambar sinyal dipojok atas tersebut lalu klik tombol "disconnect".

Cara memutus sambungan internet




Mudah bukan ? cara mengkonfigurasikan modem di ubuntu sobat...



Oldest